• Kuliah Kerja Nyepik (KKN) Part 1

    Berasa jadi udah semakin tua aja. Mulai luntur tipis-tipis idealis yang bisa bikin meningitis.di masa transisi semester 6 menuju semester 7 aku dikirim universitas ke daerah malang selatan buat KKN. KKN adalah ruang dan waktu yang ter customisasi ke dalam sebuah praktik keseharian untuk mendapatkan jodoh. ah bodo amat haha. Mungkin juga gara-gara persiapan buat itu kali yak jadi ga pernah update blog lagi *alibi. Kangen ngeblog dan kangen kamu. Singkat cerita gw juga udah ngga jomblo btw haha. 

    Jadi gini waktu itu pas bulan lalu. kita semua di kirim oleh kampus, eh ngga deng berangkat sendiri ke Desa Brongkal Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang sama sepuluh orang yang lain yang di padukan dalam sebuah ikatan yang namanya kelompok. Kita menyebut diri kita saudara mulai dari sekarang. awalnya sih ita waktu itu mau berangkat ber-12 karena suatu hal dan masalah prosedural temen kita yang satunya harus ikut kkn di tahun depan. Bukan karena ngga berteman dengan baik tapi untuk melangkah ke jenjang selanjutnya emang harus ada yang ditinggal.

    Dari kampus tercinta kita ngga di bekali apa-apa sosialisasi dan tanpa pelepasan kek kampus lain yang bikin kita iri. Mungkin pihak kampus tau kalau kita semua adalah anak mandiri dan bisa survive di segalam macam kondisi, dalam kondisi kemalingan juga pastinya.

    Di desa Brongkal mayoritas bahasa yang digunakan adalah bahasa madura. orang-orang disini bukan asli madura sih, Keren karena orang-orang disini ngga ada sentimen antar yang lain. Hibriditas bahasa yang terjadi membuat kita bersebelas akhirnya betah berlama-lama disini. Berasa kek rumah sendiri udahan.

    Kita disini bikin web desa dan aplikasi arsip buat menambal apa yang kurang di masalah birokrasi. emang si ngga nyambung jurusan sosiologimalah bikin web dan gituan. Karena modal sosial kita yang luamayan luas jadilah sua program tadi. WEBBLOGDESA-nya kita custom sendiri, meskipun ngga manut kaidah-kaidah pembuatan web, kita memutskan untuk membikin seminimal mungkin kebingungan agar bisa di deploy nantinya bagi para perangkat desa.

    Cerita soal KKN terpisah-pisah karena ada pembabakan dimana kita semua dibuat seneng banget dan dibuat sedih banget gara-gara kemalingang. Kemalingan bukan sal apa yang hilang tapi gimana juga berpengaruh dengan psikis dan praktik sosial kita kemudian..... Nanti lagi. 

    langit Brongkal Malam

    Nyiur Kelapa



  • You might also like

    2 comments:

    1. kok webnya tak bisa ku buka ?
      dan btw, itu kalimat awal perlu banget di tulis udah gak jomblo? hmmm

      ReplyDelete
    2. Sementara make brogkal.com dulu shya hehe. Haha niatnya mau pamer eh. Oiyaa semangat magangnya juga mata kodok

      ReplyDelete