• Detik dan Waktu

    Biar saja hari ini
    Penuh tawa dan candaan
    Biarkan ku pergi tinggalkan...
    -angsa dan serigala “detik dan waktu”-


    Berproses kata-kata yang sering banget di gunain sama om-om motivator botak yang seakan-akan solutif banget setiap kata yang keluar dari mulut doi-duh. Sayangnya gw udah nga mempan lagi sama begituan, ya kali mungkin hati sama pikiran udah kayak tembok ratapan di Israel. Berproses bagi gw adalah buang-buang waktu untuk terus mengingat ingat, nga tapi metode ini lebih kepada trial dan arroe buat uji coba perasaan lo menantang setan, eh bukan menantang masalah. Mencoba dan gagal, coba terus sampe janin di dapat-eh. Gw pernah baca kalo orang-orang Jepang bisa sekeren sekarang  gegara trial and eror yang mereka lakukan, kebayangkan gimana orang jepang bikin film ehem-ehem make kamera resolusi rendah 3gp yang burek kadang muka sama dengkul nyatu, mereka nga nyerah memperbaiki diri, kesetrum berkali-kali, mandi jarang-jarang tetep ehem-ehem dan gotcha ! mereka berhasil bikin film resolusi tinggi, gambarnya jelas banget sampe pori-pori kulit yang maen keliatan jelas, jadi semangat nontonnya. Ya begitulah orang Jepang unik dan pikirannya ga pernah terbatas walaupun mereka punya kepercayaan tapi kepercayaan yang ngikutin mereka.
    Bahas orang Jepang jadi kepikiran yang nga-nga gw. Kembali ke proses, proses apa yang gw maksud bukan proses pembuatan manusia yang jelas, proses bikin Bakso Boraks atau cilok cicak yang lezat. Nga-nga itu semua kengacoan yang tetep keren karena mereka kreatif memberdayakan bahan-bahan yang ada di sekitar. Proses disini adalah proses berdamai dengan keadaan, oh men gw jadi orang yang paling labil setelah gw jombs. Seperti dendam mak lampir kepada kerajaan mataram, begitu juga keadaan yang menyelimuti gw belakang. Pengen boker tapi ga bisa-bisa. Pikiran terlanjur kadung terkonstruk sama cewe mulu soalnya 3 tahun belakangan lupa gw punya kehidupan apa selain begituan. Sama halnya kek tukang cilok kreatif yang make daging cicak lembut kek sutra (kain), gw coba menyelami pemikiran tukang cilok ini ternyata nga bisa karena pikirannya kering, isinya Cuma lembaran duit aja. Selain berusaa kreatif buat “berdamai” gw juga sok-sokan menghapus bagian sejarah kehidupan, ya namanya menghapus kan yak, se keren se mahal apapun alat pengahapusnya bakal ada bekasnya juga. Bekas cucian kali yak.
    Romantisme yang deket dengan agama malah bikin gw nga taat beragama, apalagi gw sama kertakes berkali-kali bahas ginian. Iman-iman rasanya protol satu persatu, kalo gw ngikutin pikiran yang rasional hidup gw bakal ikut-ikutan kayak ekstrimis sayap kiri yang nga jelas ujung kehidupannya, ya gw bukan jayabaya si tapi sejarah mereka mengatakan demikian. Gw pengen deh kek Martin Heidegger manusia yang terlempar tanpa tau asal muasalnya dari mana, bener juga kalo lo nurutin sebab akibat kek nurutin tukang cilok daging cicak ga bakal ada pangkal ujungnya. Gw kesampingin dulu nih pikiran kampret. Dengan berproses, apalagi gw baru tau kalo damai itu emang bikin tentram pikiran. Tercatat mulai tulisan ini di tulis dan di publish, gw udah berdamai dengan masa lalu gw. Ya gapap gw lebay buat kali ini, ngurusin hidup anak orang mulu ternyata malah bikin gw lupa kalo gw ternyata juga hidup. Berhenti sejenak buat mikir. Kalo ternyata hidup ada step selanjutnya buat dilaluin kenapa harus stagnan di step yang ini-ini aja.

  • You might also like

    2 comments: