• Judge, Bukan Judgement

    Mau nyelesein tulisan desember gw tapi nga kelar-kelar. Yaudah gw nyoba buat mengejawantahkan masalah-masalah ke tutup aurat dan sebagainya. Ye aurat harus di tutup soalnya lo pada udah punya industri garmen yang gede. bakalan bangkrut deh kalo lo nga pada pake baju. Tapi nga juga deng cewe kekinian doyan make baju yang minimalis yeah i like it *tukan gw ngejudge. Sepertinya sepanjang tahun 2015 gw menemukan banyak yang udah berubah soal masalah hijab eh jilbab di tanah air tercintah kita. Mulai dari bergesernya nama Jilbab, Kerudung menjadi nama baru yang terdengar lebih keren, yah Hijab. Sorry-sorry gw keliatan memojokkan salah satu pihak nih, nga-nga santai tetep netral versi gw sendiri tapi. Fenomena yang terjadinya agaknya menurut gw membawa angin segar bagi beberapa kalangan. Angin segar bagi industri kain, banyaknya situs-situs hijab, dan 3gp-3gp yang di bintangi para hijabers. Yups kita sedikit flashback kebeberapa tahun belakangan. Ke waktu gw SD dulu lah yak, temen-temen gw, kakak tingkat gw, sampe adek kelas gw ga ada seorang pun yang demen memakai tutup kepala yang menutupi aurat prempuan katanya. Bergeser ke masa sekarang subhanallah adek-adek gemes dari mulai kelas 1 SD sampai kelas 6 udah pada make jilbab, eh hijab maksud gw-salahsebutberabe. 
    sumber warta6.com

    Kemajuan yang katanya lebih agamis dan terhindar dari ancaman neraka, membuat banyak cewe mengubah haluan menggunakan hijab, sebagian memang angin-anginan karena lingkungannya pada berhijab sebagian emang tulus dari hati karena di paksa sama suami hehe. Tapi emang bener-bener ada cewe yang tulus buat berhijab dari hati mereka *Sallut. Sangkut paut media lagi-lagi gw tuduh yoih arus informasi mana lagi massive bisa di konsumsi masyarakat selain Televisi. Media bukan cuma TV doang emang yang juga ikut andil nga ada data statistiknya sayangnya gw jadi cuma berasumsi. Kotak pandora yang satu ini emang ga ada duanya dalam mengarahkan opini masyarakat. Keren bet dah. Mulai dari tayangan-tayangan para artis yang udah pada tobat*ngakunya kemudian pada pake hijab, dan mengarahkan masyarkat buat make hijab. Nga ada yang salah karena itu katanya dakwah. 

    Sama seperti temen gw yang ngakunya ga punya agama. Agama di analoginya kek Traffic Light yang kerjaannya cuma ngatur aja. Oh so damn pasti orang-orang berpeci langsung ga terima di ginian. Nga tapi gw ga sama atau mungkin belom se radikal(mendasar) tadi. Oh ya radikal secara umum sering diartiian dengan pemikiran-pemikiran yang kasar dan merusak dsb, bukan radikal adalah cara berfikir yang menyeluruh dan mendasar, gegara model pemikiran yang kek gini nih yang bikin borjuis-borjuis kelabakan karena kekusaannya bakal tergantikan bahkan tergulingkan. Balik ke Hijab, standarisasi baru nampaknya juga mulai berlaku di masyarakat lagi-lagi berkiblat ke media massa, musyrik lo berkiblat tu seharunya sama ka'bbah. Yang ga pake hijab di cap sebagai biduan bisa pakai dan hina banget pokoknya kalo dari sudut pandang orang yang berhijab. Oke fine dunia cuma milik orang-orang berhijab silahkan.

    Gw kadang suka ironi juga yak sama cewe-cewe berhijab sekarang, ngeri aja bawaannya mereka kemana-mana bawa simbol agamanya tapi kelakuan tetep minus. 3gp hijab, Mia Khalifa dan cipokkan di taman tugu Malang. Great agama lo udah kotor gegara kelakuan lo. Gw aja yang cowo suka ngeri kalo lagi nge gep in muda mudi pacaran dan cewenya berhijab woy lupa sama ajaran agama apa. Hargain yang jomblo dongs *sorrycurhat. Untungnya gw dulu nga begitu suka kalo cewe gw pake hijab. Itu simbol bung bukan sekadar penutup aurat dan bisa buat mejeng disana dimari. Kalo mau berhijab harus dari hati bukan karena rambut lo keriting terus di tutupin pake hijab, bukan karena tuntutan suami apalagi pacar tapidari hati lo yang bener-bener mau berubah ke arah yang agamis di jaman yang serba industrialis ini. Gw lagi suka banget mengamati fenomena ini pasalnya gw liat kalo temen-temen atau cewe-cewe dulu yang di SMA kelakuaan begajuan ga karuan sekarang pas kuliah pada make penutup kepala dari yang wajar sampai yang warbiasak. Yak make hijab sampe bisa buat ngepel lantai, Gatau itu aliran apa gw nga berhak memandang itu jelek. 

    Tobat adalah tindakan yang mendasari perilaku demikian, seenggaknya kamuflase alasan ini menjadi sangat ampuh untuk menghentikan perdebatan mengenai perubahan dirinya. Yaps udahlah kok gw keliatan nga netral banget jadinya. -mulailah berdamai dengan hati bukan mengedepankan keinginan orang sekitar.


  • You might also like

    2 comments:

    1. Scara historis, senaifnya gw, dahulu Hijab lahir sbg bentuk antisipasi syahwat cowo-cowo Arab. Mungkin ini fenomena "arabisasi kostum" yang agak bias gender sekaligus ahistoris jika ditiru oleh cewe-cewe Nganjuk atau Malang atau Mbandar, Kertosono dan sekitarnya. Cowo sini nga sesyahwat cowo Arab jaman jahiliyah. Jd, sehelai kain hijab tak berhak mengurangi esensi seorang cewe, tapi yang bahaya itu yang berhelai-helai, keknya.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Still believe that?. Kalo make dogma kitab gimans tuh. Soalnya di kitab oandora juga ada yg di terjemahin kek gitu

        Delete