Friday, 28 September 2012

EKONOMI PENGERTIAN BADAN USAHA


1.      Pengertian Badan Usaha
Badan Usaha : -kesatuan yuridis ekonomis yang bertujuan memperoleh keuntungan memberi layanan kepada masyarakat
Contoh : Perusahaan Dagang
2.      Pengertian Pengusaha
orang pribadi atau badan dalam bentuk apa pun yang dalam kegiatan usaha atau pekerjaannya menghasilkan barang, mengimpor barang, mengekspor barang, melakukan usaha perdagangan.
pengusaha adalah orang yg mengerjakan usaha, dia relatif tidak tergantung pada orang lain, menjadi boss bagi dirinya sendiri, jatuh bangun atas kemampuannya sendiri. Biasanya, pengusaha akan senantiasa bersifat profit oriented. Dalam bahasa kerennya, mereka disebut sebagai enterpre neur. Modal tidak menjadi bagian penting dari sifat pengusaha, yg terpenting adalah kiprahnya. Maka mereka biasanya senantias berusa ha meningkatkan prestasi kerjanya sendiri
3.      Pengertian Perusahaan
kesatuan teknis dan ekonomis yang bertujuan melakukan proses produksi.(menghasilkan barang).
-         tempat berlangsungnya proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa

Ü Jenis-jenis Badan Usaha
ý Agraris
saha dalam bidang agraris menggunakan lahan tanah sebagai faktor produksi utama. Misalnya pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.
Bidang agraris dapat menghasilkan bahan pangan seperti padi, sayur, daging, ikan dan susu. Bidang ini juga dapat menghasilkan bahan baku industri seperti tebu, cokelat kelapa sawit dan kapas.
ý Perdagangan
Usaha dalam bidang perdagangan adalah jenis usaha menjual barang-barang produksi kepada pihak lain tanpa mengola bahan tersebut. Misalnya pedagang beras, bahan bangunan dan makanan.
ý Industri

Usaha bidang industri merupakan jenis usaha yang mengola bahan mentah menjadi bahan jadi, bahan mentah menjadi bahan setengah jadi, dan bahan setengah jadi menjadi bahan jadi.
Bahan mentah adalah bahan yang perlu diolah dulu agar dapat memenuhi kebutuhan, misalnya kapas dan kayu gelondongan.
Bahan setengah jadi adalah hasil olahan dari bahan mentah tapi masih perlu diolah lagi agar siap digunakan, contoh benag bagi industri tekstil dan tepung bagi industri roti.
Bahan jadi adalah hasil akhir proses pengolahan yang sudah siap untuk digunakan, misalnya baju, sepeda dan televisi. Contoh Industri kecil : pengrajin sepatu, mebel, alat-alat rumah tangga, dan tahu tempe.  Contoh Industri besar: perusahaan tekstil, mobil, semen dan elektronik.



ý Jasa
Kegiatan yang memberikan pelayanan dan kemudahan dalam rangka memenuhi kebutuhan. Sebagai contoh, jasa pengangkutan barang dari suatu daerah ke daerah lainnya, jasa perbankan,konsultan
ý Ekstraktif
Kegiatan usaha yang mengambil apa yang telah dihasilkan oleh sumberdaya alam. Alam telah menyediakan bahan-bahan tambang antara lain hasil hutan dan hasil laut,contoh :pertambangan minyak bumi, perusahaan perkayuan,

ýPeran Badan Usaha Terhadap Perekonomian
  Badan usaha merupakan salah satu pelaku ekonomi sehingga badan usaha merupakan roda penggerak serta memiliki peran penting dalam perekonomian nasional antara lain :
Ö Menyediakan lapangan pekerjaan
Ö Menyediakan barang dan jasa
Ö Pembayaran devisa
Ö Penghasil devisa
Ö Membuka kesempatan kerja dan menanggulangi masalah pengangguran



0 comments:

Post a Comment